RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
|
A. KOMPETENSI
INTI
1. Kompetensi
Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Kompetensi
Inti (KI 3)
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Kompetensi
Inti (KI 4):
Mengolah, menyaji dan menalar
dalam ranah konkret (menggu nakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua
dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1.
Menghayati upaya dinasti bani Abbasiyah mendirikan daulah merupakan bagian dari
perkembangan kebudayaan Islam
|
|
2.1.
Menghargai semangat belajar para ilmuan muslim di masa dinasti Abbasiyah
sehingga mampu membawa puncak kejayaan kebudayaan dan peradaban Islam
|
|
3.1 Memahami latar
belakang berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah
|
1. Peserta didik mampu menjelaskan latar belakang berdirinya Dinasti Bani
Abbasiyah
2. Peserta didik mampu menjelaskan proses
berdirinya dinasti Abbasiyah
3. Peserta didik mampu menyebutkan tokoh yang
berperan dalam proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
4. Peserta didik mampu mengidentifikasi faktor
yang mendukung terbentuknya Dinasti Abbasiyah
|
4.1. Menceritakan silsilah kekhalifahan dinasti Abbasiyah
|
1. Peserta didik mampu, menceritakan tentang silsilah
kekhalifahan dinasti Abbasiyah
2. Peserta didik mampu menyebutkan nama – nama khalifah dinasti
Abbasiyah
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
proses pembelajaran peserta didik mampu mencontoh nilai
ruhul jihad sepertiyang dicontohkan oleh Harun Arrasyid
2. Melalui
proses pembelajaran
peserta didik mampu membiasakan
meneladani ketekunan
dan kegigihan khalifah dinasti bani
Abbasiyah yang terkenal
3. Melalui
proses pembelajaran
peserta didik mampu latar
belakang berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah
4. Melalui
proses pembelajaran
peserta didik mampu menjelaskan proses berdirinya dinasti Abbasiyah
5. Melalui
proses pembelajaran
peserta didik mampu menyebutkan tokoh yang berperan dalam proses berdirinya dinasti Abbasiyah
6. Melalui diskusi
kelompok peserta didik mampu mengidentifikasi faktor yang mendukung terbentuknya Dinasti
Abbasiyah
7. Melalui
diskusi kelompok guru menunjuk peserta
didik mampu menceritakan tentang silsilah
kekhalifahan dinasti Abbasiyah
8. Melalui
kegiatan presentasi di depan kelas siswa mampu menyebutkan nama – nama khalifah dinasti
Abbasiyah
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Ibrah
dari perkembangan
kebudayaan Islam pada masa Dinasti
Abbasiyah
2. Keteladanan yang berupa ketekunan
dan kegigihan khalifah dinasti bani
Abbasiyah yang terkenal
3. Latar belakang dan proses
berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah
4. Silsilah
kekhalifahan dinasti Abbasiyah
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab,
3.
Diskusi.
F. MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
laptop, LCD,papan tulis dan spidol.
2. Alat/Bahan:
kertas karton, spidol warna dll.
3. Sumber
Pembelajaran: buku SKI klas VIII, , internet, LKS, dan lain sebagainya.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Guru mengucapkan salam dan meminta
salahsatu peserta didik memimpin doa
·
Guru melakukan absensi kehadiran peserta
didik
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis
peserta didik.
·
Guru menjelaskan tujuan mempelajari
materi serta kompetensi yang akan dicapai
·
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Guru membentuk kelompok diskusi dan menentukan tema
yang akan didiskusikan oleh masing-masing kelompok
b. Kegiatan
Inti (75 menit) kata kerja pada saintifik
·
Mengamati
Ø Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang upaya dinasti Abbasiyah dalam mendirikan daulah yang
merupakan bagian dari perkembangan kebudayaan Islam
Ø Peserta
didik mengamati tayangan
video tentang proses berdirinya Dinasti Bani
Abbasiyah
·
Menanya
Ø Peserta
didik memberikan tanggapan / respon terhadap penjelasan guru tentang proses berdirinya dinasti
Abbasiyah
Ø Peserta
didik bertanyajawab tentang nama tokoh yang berperan dalam proses berdirinya dinasti Abbasiyah
Ø Guru
memberi apresiasi terhadap pertanyaan yang muncul dari siswa
·
Eksplorasi/eksperimen
Ø Siswa dibagi
dalam dua kelompok diskusi
yaitu:
a. Kelompok
pertama mendiskusikan tentang faktor yang mendukung terbentuknya Dinasti Abbasiyah
b. Kelompok
kedua mendiskusikan tentang silsilah kekhalifahan dinasti Abbasiyah.
·
Mengasosiasi
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan faktor yang mendukung
terbentuknya Dinasti Abbasiyah
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya membuat peta konsep atau resume silsilah
kekhalifahan dinasti Abbasiyah.
Ø Peserta
didik membuat beberapa kesimpulan berkaitan dengan tema yang digali dan didiskusikan
·
Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing
kelompok mempersiapkan
diri untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan tema
masing-masing
Ø Selanjutnya
kelompok pertama mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang faktor yang mendukung
terbentuknya Dinasti Abbasiyah
Ø Kemudian
kelompok 2, memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh kelompok 1
Ø Selanjutnya
kelompok kedua mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang silsilah kekhalifahan
dinasti Abbasiyah
Ø Kemudian
kelompok 1, memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh kelompok 2
c. Penutup
(5 menit):
Ø Guru
melakukan klarifikasi dan penguatan terhadap hasil diskusi siswa
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru
mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø Guru
mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
H. PENILAIAN
a.
PenilaianSikap
1.
Pedoman observasi
Sikap Spritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : Sejarah
berdinya Dinasti Bani Abbasiyah
No
|
AspekPengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karuniaTuhan
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap
Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
JumlahSkor
|
|||||
|
|
|
|
|
2.
Lembar Penilain
Diri SikapTekun
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Materi Pokok : Sejarah berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah
Tanggal :
PETUNJUK
•
Bacalahpernyataan yang ada di
dalamkolomdenganteliti
•
Berilahtandacek
(√) sesuaidengansesuaidengankondisidankeadaan kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan
sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan
barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban
teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
•
TP =
Tidak pernah, apa bila tidak pernah melakukan
3.
Lembar Penilaian
Antar Peserta Didik Sikap Disiplin (Penilaian Teman Sejawat)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai :
………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : Sejarah berdirinya Dinasti Bani Abbasiyah
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah
Skor
|
PetunjukPenskoran :
Skorakhirmenggunakanskala 1 sampai 4
Perhitunganskorakhirmenggunakanrumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3.33
<skor< 4.00
Baik : apabila memperoleh
skor : 2.33 <skor< 3.33
Cukup : apabila memperoleh
skor : 1.33 <skor< 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor
:skor< 1.33
b. PenilaianPengetahuan
Tes
Tulis bentuk uraian
1.
Jelaskan latar belakang berdirinya
Dinasti Bani Abbasiyah
2.
Jelaskan proses
berdirinya dinasti Abbasiyah
3.
Sebutkan tokoh yang berperan
dalam proses berdirinya dinasti Abbasiyah
4.
Sebutkan faktor yang mendukung
terbentuknya Dinasti Abbasiyah
Penskoran:
Tiap soal jika jawaban
benar maksimal nilainya 25 sehingga total skor maskimal
100
Skrore =
x 4
c. Penilaian
Keterampilan
1.
Penilaian unjuk kerja Mempresentasikan Materi
No
|
Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
Kebenaran konsep
|
Keberanian
|
Bahasa
|
Kelancaran
|
|
||
1.
|
I
|
|
|
|
|
|
2.
|
II
|
|
|
|
|
|
Skor Tiap
rubric maksimal 25 sehingga total skor maksimal 100
Batu,
16 Juni2014
Kepala MTs. Jambu Luwuk, Guru Mata Pelajaran
SKI,
(___________________________)
(______________________)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah :
MTs. JAMBU LUWUK
Mata pelajaran :
SKI
Kelas/Semester :
VIII/Ganjil
Materi Pokok : Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti
Abbasiyah
Alokasi Waktu : 4 X 40 Menit (2 x Pertemuan)
|
A. KOMPETENSI
INTI
1. Kompetensi
Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. Kompetensi Inti (KI 4):
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.2
Menghayati nilai-nilai positif dari khalifah dinasti
bani Abbasiyah yang menonjol
|
|
2.2
Menghargai nilai-nilai ajaran dari perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini
dan yang akan datang
|
|
3.2
Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Dinasti Bani Abbasiyah
|
1.
Peserta didik mampu menjelaskan
kondisi social pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
2.
Peserta didik mampu
menjelaskan kondisi kebudayaan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
3.
Peserta didik mampu
menjelaskan kemajuan di bidang politik dan militer pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
|
4.2 Menceritakan
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
|
1.
Peserta
didik mampu menceritakan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
2.
Peserta
didik mampu mendeskripsikan dalam bentuk tertulis tentang perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Dinasti Bani Abbasiyah
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
Pendekatan
Scienstifik dengan model
pembelajaran Discovery Learning dan metode
ceramah bervariasi peserta
didik mampu :
1. Membiasakan sikap spritual yang dicontohkan oleh Khalifah Dinasti Bani
Abbasiyah
2. Menghargai
nilai-nilai ajaran dari perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini
dan yang akan datang
3. Menjelaskan kondisi social pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
4. Menjelaskan
kondisi kebudayaan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
5. Menjelaskan
kemajuan di bidang politik dan militer pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
6. Menceritakan tentang
perkembangan
kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
7. Mendeskripsikan dalam bentuk tertulis tentang perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Kondisi social pada masa
Dinasti Bani Abbasiyah
2.
Kondisi kebudayaan pada masa Dinasti
Bani Abbasiyah
3.
Kemajuan di bidang politik dan militer pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab,
3.
Diskusi.
F. MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Gambar Peta kekhalifahan Dinasti Abbasiyah dan gambar-gambar perkembangan
kebudayaam/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
2. Alat : Proyektor, Laptop, White
board, Board marker
3. Sumber Belajar :
a. Darsono. Ibrahim T. Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 2 MTs. VIII. 2009:
Solo: Tiga Serangkai
b.
https://www.google.co.id/search?q=perkembangan+kebudayaan/peradaban+islam+pada+masa+dinasti+abbasiyah&source
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama:
1. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10
menit)
·
Guru mengucapkan salam dan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa
·
Guru melakukan absensi kehadiran
peserta didik
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis
peserta
didik
·
Guru memberi apersepsi kepada
peserta didik berkaitan materi sebelumnya
·
Guru menjelaskan tujuan mempelajari
materi serta kompetensi yang akan dicapai
·
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Guru membentuk kelompok diskusi dan
menentukan tema yang akan didiskusikan oleh masing-masing kelompok
2. Kegiatan
Inti (75 menit)
kata kerja pada saintifik
·
Mengamati
Ø
Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang Perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Dinasti Bani Abbasiyah
Ø Peserta
didik mengamati gambar peta wilayah kekhalifan Dinasti Abbasiyah dan
gambar-gambar pekembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti
Abbasiyah
Ø Sambil mengamati, peserta didik membuat catatan kecil berkaitan dengan
wilayah wilayah kekhalifan Dinasti Abbasiyah
·
Menanya
Ø Peserta
didik memberikan tanggapan respon terhadap penjelasan guru tentang wilayah kekhalifan Dinasti
Abbasiyah
Ø Peserta
didik bertanya jawab
tentang gambar peta wilayah kekhalifan Dinasti Abbasiyah
Ø Guru memberi apresiasi terhadap pertanyaan yang muncul dari siswa
·
Eksplorasi/eksperimen
Ø Siswa dibagi dalam tiga kelompok diskusi yaitu:
1. Kondisi social pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
2. Kondisi
kebudayaan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
3. Kemajuan
di bidang politik dan militer pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
3. Penutup
(5 menit):
Ø Guru melakukan klarifikasi dan penguatan terhadap pengamatan dan
eksplorasi siswa
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø Guru
mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
Pertemuan
Kedua:
1. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10
menit)
·
Guru mengucapkan salam dan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa
·
Guru melakukan absensi kehadiran
peserta didik
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis
peserta
didik.
·
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Guru memerintah kepada setiap kelompok diskusi untuk
melanjutkan materi diskusi yang telah ditentukan
2. Kegiatan
Inti (75 menit)
kata kerja pada saintifik
·
Mengasosiasi
Ø
Peserta didik melalui kelompoknya
merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan kondisi social, kondisi
kebudayaan dan kemajuan di bidang politik
dan militer pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema
yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing.
Ø Peserta didik membuat beberapa kesimpulan berkaitan dengan tema yang
digali dan didiskusikan
·
Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing
kelompok mempersiapkan diri untuk
mempresentasikan
hasil diskusinya
di depan kelas sesuai dengan tema masing-masing
Ø Selanjutnya kelompok pertama mempresentasikan hasil diskusinya di depan
kelas tentang kondisi
social pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
Ø Kemudian kelompok 2 dan 3 memberi tanggapan terhadap apa yang
dipresentasikan oleh kelompok 1
Ø Selanjutnya
kelompok kedua mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang kondisi
kebudayaan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
Ø Kemudian
kelompok 1 dan 3 memberi
tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh kelompok 2
Ø
Selanjutnya kelompok ketiga
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang kemajuan
di bidang politik dan militer pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
Ø Kemudian kelompok 1 dan 2 memberi tanggapan terhadap apa yang
dipresentasikan oleh kelompok 3
4. Penutup
(5 menit):
Ø Guru melakukan klarifikasi dan penguatan terhadap hasil diskusi siswa
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru
mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø Guru
mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
H. PENILAIAN
a.
Penilaian Sikap
1.
Pedoman observasi Sikap Spritual
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : Perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti
Abbasiyah
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
2.
Lembar Penilain Diri Sikap Jujur
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Dinasti
Abbasiyah
Tanggal : ………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan yang ada di
dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek
pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya
orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
||||
3
|
Saya melaporkan
kepada yang berwenang jika menemukan barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui
kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal
ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL= Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR= Sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD=Kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
•
TP= Tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
3.
Lembar Penilaian Antar Peserta Didik Sikap Disiplin
(Penilaian Teman Sejawat)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok :
Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Dinasti Abbasiyah
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
b. Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tulis bentuk uraian
1.
Sebutkan golongan-golongan
non-Arab yang mempunyai peranan penting dalam perintahan Dinasti Bani
Abbasiyah!
2.
Sebutkan sastrawan dan
budayawan yang muncul pada kemajuan kebudayaan Dinasti Bani Abbasiyah!
3.
Jelaskan kemajuan politik dan
militer masa Dinasti Abbasiyah periode 1!
Penskoran:
Soal nomor
1 skor maksimal= 30
Soal nomor
2 skor maksimal= 30
Soal nomor
3 skor maksimal= 40
Total skor
maskimal=100
Skrore =
x 4
c. Penilaian Keterampilan
2.
Penilaian unjuk kerja
Mempresentasikan Materi
No
|
Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
Kebenaran konsep
|
Keberanian
|
Bahasa
|
Kelancaran
|
|
||
1.
|
I
|
|
|
|
|
|
2.
|
II
|
|
|
|
|
|
3.
|
III
|
|
|
|
|
|
4.
|
IV
|
|
|
|
|
|
Skor Tiap rubrik maksimal 25 sehingga
total skor maksimal 100
Batu, 16 Juni 2014
Kepala MTs.
Jambu Luwuk, Guru Mata Pelajaran
SKI,
(___________________________)
(______________________)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah :
MTs. JAMBU LUWUK
Mata pelajaran :
SKI
Kelas/Semester :
VIII/Ganjil
Materi Pokok : Tokoh ilmuan muslim masa Dinasti Abbasiyah
Alokasi Waktu :
2 X 40 Menit
|
A. KOMPETENSI
INTI
1. Kompetensi
Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. Kompetensi Inti (KI 4):
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.3 Menghayati semangat para ilmuwan muslim
dinasti bani Abbasiyah
|
|
2.3 Menghargai
nilai-nilai ajaran dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa
Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
|
|
3.3
Memahami tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari,
Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih
(ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa
al-Khawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
|
1. Peserta
didik mampu menyebutkan dan mendeskripsikan tokoh-tokoh ilmuan muslim bidang
ilmu umum pada masa Dinasti Abbasiyah
2. Peserta
didik mampu menyebutkan dan mendeskripsikan tokoh-tokoh ilmuan muslim bidang
ilmu agama pada masa Dinasti Abbasiyah
3. Peserta
didik mampu menyebutkan karya dari setiap tokoh ilmu umum
4. Peserta
didik mampu menyebutkan karya dari setiap tokoh ilmu agama
|
1.4
Menceritakan biografi dan karya para ilmuwan muslim
pada masa Dinasti Abbasiyah
|
1. Peserta didik mampu menceritakan biografi dan karya para
ilmuwan muslim pada masa Dinasti Abbasiyah
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
Pendekatan
Scienstifik dengan model
pembelajaran Discovery Learning dan metode
ceramah bervariasi peserta
didik mampu :
1. Membiasakan sikap spritual yang dicontohkan oleh tokoh ilmuan Islam masa
Dinasti Abbasiyah
2. Menghargai
nilai-nilai ajaran dari tokoh ilmuan Islam masa Dinasti
Abbasiyah
3. Menyebutkan
dan
mendeskripsikan tokoh-tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu umum masa Dinasti Abbasiyah
4. Menyebutkan
dan
mendeskripsikan tokoh-tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu agama umum masa Dinasti Abbasiyah
5. Menyebutkan
karya dari setiap tokoh ilmu umum
6. Menyebutkan
karya dari setiap tokoh ilmu agama
7. Menceritakan tentang
perkembangan
kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Tokoh ilmuan muslim bidang ilmu
umum pada masa Dinasti Abbasiyah
2.
Tokoh ilmuan muslim bidang ilmu
agama pada masa Dinasti Abbasiyah
3.
Karya tokoh ilmuan muslim bidang
ilmu umum pada masa Dinasti Abbasiyah
4.
Karya tokoh ilmuan muslim
bidang ilmu agama pada masa Dinasti Abbasiyah
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi.
F. MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Gambar gambar-gambar tokoh ilmuan Islam dan karyanya pada masa Dinasti
Abbasiyah
2. Alat : Proyektor, Laptop, White
board, Board marker
3. Sumber Belajar :
a. Darsono. Ibrahim T. Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 2 MTs. VIII. 2009:
Solo: Tiga Serangkai
b.
https://www.google.co.id/search?q=perkembangan+kebudayaan/peradaban+islam+pada+masa+dinasti+abbasiyah&source
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10
menit)
·
Guru mengucapkan salam dan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa
·
Guru melakukan absensi kehadiran
peserta didik
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis
peserta
didik.
·
Guru menjelaskan tujuan mempelajari
materi serta kompetensi yang akan dicapai
·
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Guru membentuk kelompok diskusi dan
menentukan tema yang akan didiskusikan oleh masing-masing kelompok
b. Kegiatan
Inti (75 menit)
kata kerja pada saintifik
·
Mengamati
5.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru tentang tokoh
ilmuan Islam masa Dinasti Abbasiyah
6.
Peserta
didik mengamati gambar tohoh ilmuan
Islam dan karyanya masa Dinasti Abbasiyah
7.
Sambil mengamati, peserta didik membuat catatan kecil berkaitan dengan tokoh
ilmuan Islam masa Dinasti Abbasiyah
·
Menanya
1.
Peserta
didik memberikan tanggapan / respon
terhadap penjelasan guru tentang tokoh ilmuan Islam masa Dinasti Abbasiyah
2.
Peserta
didik bertanya jawab
tentang gambar gambar tohoh ilmuan Islam dan karyanya masa Dinasti Abbasiyah
3.
Guru memberi apresiasi terhadap pertanyaan yang muncul dari siswa
·
Eksplorasi/eksperimen
Ø Siswa dibagi dalam empat kelompok diskusi yaitu:
c. Kelompok
pertama mendiskusikan tentang tokoh ilmuan muslim bidang ilmu umum pada masa
Dinasti Abbasiyah
d. Kelompok
kedua mendiskusikan tentang tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu agama pada
masa Dinasti Abbasiyah
e. Kelompok
ketiga mendiskusikan tentang karya tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu umum pada masa Dinasti Abbasiyah
f.
Kelompok keempat mendiskusikan tentang karya tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu agama pada masa Dinasti Abbasiyah
·
Mengasosiasi
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan tokoh
ilmuan muslim masa Dinasti Abbasiyah
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema
yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing
Ø Peserta didik membuat beberapa kesimpulan berkaitan dengan tema yang
digali dan didiskusikan
·
Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing
kelompok mempersiapkan diri untuk
mempresentasikan
hasil diskusinya
di depan kelas sesuai dengan tema masing-masing
Ø Selanjutnya kelompok pertama mempresentasikan hasil diskusinya di depan
kelas tentang tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu umum pada masa Dinasti Abbasiyah
Ø Kemudian
kelompok 2, 3 dan 4 memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh
kelompok 1
Ø Selanjutnya
kelompok kedua mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu agama pada masa Dinasti Abbasiyah
Ø Kemudian kelompok 1, 3 dan 4 memberi tanggapan terhadap apa yang
dipresentasikan oleh kelompok 2
Ø Selanjutnya kelompok ketiga mempresentasikan hasil diskusinya di depan
kelas tentang karya tokoh ilmuan muslim bidang ilmu umum pada masa Dinasti
Abbasiyah
Ø Kemudian
kelompok 1, 2 dan 4 memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh
kelompok 3
Ø Selanjutnya
kelompok keempan mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang karya
tokoh ilmuan muslim bidang ilmu agama pada masa Dinasti Abbasiyah
Ø Kemudian kelompok 1, 2, dan 3 memberi tanggapan terhadap apa yang
dipresentasikan oleh kelompok 4
c. Penutup
(5 menit):
Ø Guru melakukan klarifikasi dan penguatan terhadap hasil diskusi siswa
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru
mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø Guru
mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
H. PENILAIAN
a.
Penilaian Sikap
1.
Pedoman observasi Sikap Spritual
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : Tokoh ilmuan muslim masa
Dinasti Abbasiyah
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
2.
Lembar Penilain Diri Sikap Jujur
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : karya tokoh ilmuan muslim bidang ilmu agama pada
masa
Dinasti Abbasiyah
Tanggal : ………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan yang ada di
dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-
hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek
pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya
orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
||||
3
|
Saya melaporkan
kepada yang berwenang jika menemukan barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui
kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal
ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD = Kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
3.
Lembar Penilaian Antar Peserta Didik Sikap Disiplin
(Penilaian Teman Sejawat)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : karya tokoh ilmuan muslim bidang ilmu agama pada
masa Dinasti Abbasiyah
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
b. Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tulis bentuk uraian
1.
Sebutkan dan deskripsikan tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu umum pada masa Dinasti Abbasiyah! 2 saja.
2.
Sebutkan dan deskripsikan tokoh
ilmuan muslim bidang ilmu agama pada masa Dinasti Abbasiyah! 2 saja.
3.
Sebutkan karya tokoh ilmuan
muslim bidang ilmu umum masa Dinasti Abbasiyah! 2 saja.
4.
Sebutkan karya tokoh ilmuan
muslim bidang ilmu agama masa Dinasti Abbasiyah! 2 saja.
Penskoran:
Tiap soal
jika jawaban benar maksimal nilainya 25 sehinggal total skor maskimal 100
Skrore =
x 4
c. Penilaian Keterampilan
3.
Penilaian unjuk kerja mempresentasikan
Materi
No
|
Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
Kebenaran konsep
|
Keberanian
|
Bahasa
|
Kelancaran
|
|
||
1.
|
I
|
|
|
|
|
|
2.
|
II
|
|
|
|
|
|
3.
|
III
|
|
|
|
|
|
4.
|
IV
|
|
|
|
|
|
Skor Tiap rubrik maksimal 25 sehingga
total skor maksimal 100
Batu, 16 Juni 2014
Kepala MTs.
Jambu Luwuk, Guru Mata Pelajaran
SKI,
(___________________________)
(______________________)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah :
MTs. JAMBU LUWUK
Mata pelajaran :
SKI
Kelas/Semester :
VIII/Ganjil
Materi Pokok :
Ulama’ ahli
hadis, empat imam ahli fikih, Imam At-Tabari, Ibnu Katsir
(ahli tafsir) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/
peradaban Islam
pada masa
Dinasti Bani Abbasiyah
Alokasi Waktu :
2 X 40 Menit
|
A. KOMPETENSI
INTI
1. Kompetensi
Inti (KI 1):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI 2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Kompetensi Inti (KI 3):
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4. Kompetensi Inti (KI 4):
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.3
Menghayati
semangat para ilmuwan muslim dinasti bani
Abbasiyah
|
|
2.3
Menghargai nilai-nilai ajaran dari perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah untuk masa kini
dan yang akan datang
|
|
3.4.
Memahami para ulama’ penyusun kutubussittah (ahli
hadis), empat imam mazhab (ahli fikih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli
tafsir) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Abbasiyah.
|
Ø Peserta didik mampu menjelaskan sejarah para ulama’ ahli hadits
Ø Peserta didik mampu menjelaskan
sejarah para ulama’ ahli fiqih
Ø Peserta didik mampu menjelaskan sejarah Imam At-Tabari dan Ibnu Katsir (ahli
tafsir)
Ø Peserta didik mampu menjelaskan peran para
ulama dalam kemajuan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Abbasiyah.
Ø Peserta
didik mampu menyebutkan karya-karya ulama ahli hadits, ahli fiqih dan ahli
tafsir.
|
4.4
Mensimulasikan sebagai guide dalam menggambarkan
keindahan Kota Bagdad sebagai wujud kemajuan budaya di masa dinasti Abbasiyah
|
1. Peserta
didik mampu mengumpulkan gambar-gambar keindahan Kota Bagdad sebagai wujud kemajuan budaya di masa dinasti
Abbasiyah
2. Peserta didik mampu Mensimulasikan sebagai guide tentang keindahan Kota Bagdad
sebagai wujud kemajuan budaya di masa dinasti Abbasiyah
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
pemberian uswah, peserta didik mampu menunjukkan sikap mengayati peran para khalifah
yang terkenal (Abu Jakfar Al Manshur, Harun Arrasyid dan Abdullah Al Makmun) kepada para ulama’ dalam membangun peradaban
Islampada dinasti bani Abbasiyah dengan baik dan benar
2. Melalui
proses pembelajaran dan perenungan siswa mampu
membiasakan sikap spritual yang dicontohkan peran khalifah
yang terkenal (Abu Jakfar Al Manshur, Harun Arrasyid dan Abdullah Al Makmun) kepada para ulama’ dalam membangun peradaban
Islampada dinasti bani Abbasiyah dengan baik dan benar
3. Melalui
proses pembelajaran dan perenungan siswa mampu menggali hikmah / nilai-nilai
dari peran para khalifah yang terkenal (Abu Jakfar Al Manshur,
Harun Arrasyid dan Abdullah Al Makmun)
kepada para ulama’ dalam membangun peradaban Islam pada dinasti bani Abbasiyah
dalam ilmu agama
4. Melalui
proses pembelajaran dan perenungan siswa mampu menerapkan nilai-nilai dari peran
para khalifah yang terkenal (Abu Jakfar Al Manshur, Harun Arrasyid dan Abdullah
Al Makmun) kepada para ulama’ dalam
membangun peradaban Islam pada dinasti bani Abbasiyah dalam ilmu agama
5.
Melalui diskusi kelompok peserta
didik mampu menjelaskan sejarah para
ulama’ ahli hadits
6. Melalui
diskusi kelompok peserta didik mampu menjelaskan para ulama’
ahli fiqih
7. Melalui
diskusi kelompok peserta didik mampu menjelaskan para ulama’ ahli tafsir
8.
Melalui diskusi kelompok peserta
didik mampu menjelaskan menjelaskan peran para ulama dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah.
9. Melalui diskusi kelompok Peserta didik mampu
menyebutkan karya-karya ulama ahli hadits, ahli fiqih dan ahli tafsir
10. Melalui
kegiatan kelompok Peserta didik mampu mengumpulkan gambar-gambar keindahan Kota Bagdad sebagai wujud kemajuan
budaya di masa dinasti Abbasiyah
11. Melalui
kegiatan presentasi Peserta didik mampu Mensimulasikan
sebagai guide tentang keindahan Kota Bagdad sebagai wujud kemajuan
budaya di masa dinasti Abbasiyah
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
sejarah para ulama’ ahli hadits pada masa Abbasiyah
2.
sejarah para ulama’ ahli fiqih pada masa Abbasiyah
3.
sejarah para ulama’ ahli tafsir pada masa Abbasiyah
4.
peran para ulama dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah.
5. karya-karya
ulama ahli hadits, ahli fiqih dan ahli tafsir
6.
keindahan Kota
Bagdad sebagai wujud kemajuan budaya di masa dinasti Abbasiyah
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab,
3.
Diskusi.
F. MEDIA,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
laptop, LCD, papan
tulis dan spidol.
2. Alat/Bahan:
kertas karton, spidol warna dll.
3. Sumber
Pembelajaran: buku SKI
klas VIII, Al-Qur’an terjemah,
internet, LKS, dan lain sebagainya.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10
menit)
·
Guru mengucapkan salam dan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa
·
Guru melakukan absensi kehadiran
peserta didik
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis
peserta
didik.
·
Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi
serta kompetensi yang akan dicapai
·
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Guru membentuk kelompok diskusi dan
menentukan tema yang akan didiskusikan oleh masing-masing kelompok
b. Kegiatan
Inti (60 menit) kata kerja pada saintifik
·
Mengamati
Ø Peserta
didik menyimak di buku dan penjelasan guru berkaitan dengan sejarah ulama’ ahli
hadits, ahli fiqih dan ahli tafsir
Ø Peserta sambil
mengamati mebuat catatan kecil berkaitan dengan sejarah ulama’ ahli hadits, ahli
fiqih dan ahli tafsir
·
Menanya
Ø Peserta
didik diberi kesempatan untuk bertanya berkaitan dengan sejarah ulama’ ahli
hadits, ahli fiqih dan ahli tafsir
Ø Guru memberi apresiasi terhadap pertanyaan yang muncul dari siswa
·
Eksplorasi/eksperimen
Ø Siswa dibagi dalam tiga kelompok diskusi
yaitu:
g. Kelompok pertama mendiskusikan tentang peran ulama’ ahli hadits dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Abbasiyah beserta karyanya.
h. Kelompok kedua mendiskusikan
tentang peran ulama’ ahli fiqih dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah beserta
karyanya
i.
Kelompok ketiga mendiskusikan
tentang peran
ulama’ ahli tafsir dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah beserta karyanya
·
Mengasosiasi
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan peran para ulama dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Abbasiyah beserta karyanya.
Ø Peserta
didik melalui kelompoknya membuat peta konsep atau resume terkait dengan tema
yang didiskusikan oleh kelompoknya masing-masing.
Ø Peserta didik membuat beberapa kesimpulan berkaitan dengan tema yang
digali dan didiskusikan
·
Mengkomunikasikan
Ø Masing-masing
kelompok mempersiapkan diri untuk
mempresentasikan
hasil diskusinya
di depan kelas sesuai dengan tema masing-masing
Ø Selanjutnya
kelompok pertama mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang peran
ulama’ ahli hadits dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah beserta karyanya.
Ø Kemudian
kelompok kelompok lain memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh
kelompok pertama
Ø Selanjutnya
kelompok kedua mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas tentang peran
ulama’ ahli fiqih dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah beserta karyanya
Ø Kemudian
kelompok lain memberi tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh kelompok
dua
Ø Selanjutnya kelompok ketiga mempresentasikan hasil diskusinya di depan
kelas tentang
peran ulama’ ahli fiqih dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah beserta karyanya
Ø Kemudian kelompok lain
memberi
tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan oleh kelompok ketiga
c. Penutup
(10 menit):
Ø Guru melakukan klarifikasi dan penguatan terhadap hasil diskusi siswa
Ø Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø Guru
mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø Guru
mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
H. PENILAIAN
a.
Penilaian Sikap
1.
Pedoman observasi Sikap Spritual
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : Ulama’ ahli hadis, empat imam ahli
fikih, Imam At-Tabari,
Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam
kemajuan
kebudayaan/
peradaban Islam pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
2.
Lembar Penilain Diri Sikap Jujur
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas : ………………….
Materi Pokok : Ulama’ ahli hadis, empat imam ahli
fikih, Imam At-Tabari,
Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam
kemajuan
kebudayaan/
peradaban Islam pada masa Dinasti Bani
Abbasiyah
Tanggal : ………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan yang ada di
dalam kolom dengan teliti
•
berilah tanda cek (√) sesuai
dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-
hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek
pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya
orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
||||
3
|
Saya melaporkan
kepada yang berwenang jika menemukan barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui
kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal
ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD = Kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
3.
Lembar Penilaian Antar Peserta Didik Sikap Disiplin
(Penilaian Teman Sejawat)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : Ulama’ ahli hadis, empat imam ahli fikih,
Imam At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan
perannya dalam
kemajuan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa
Dinasti Bani Abbasiyah
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
b. Penilaian Pengetahuan
Tes Tulis bentuk uraian
1.
Deskripsikan sejarah para ulama’ ahli hadis,
fiqih dan tafsir !
2.
Jelaskan peran para ulama’ dalam
kemajuan/peradaban islam pada bani abasyiah !
3.
Sebutkan karya dari ulama ahli
hadits dalam kemajuan/peradaban islam pada masa bani Abbasiyah!
4.
Sebutkan karya dari ulama ahli
fiqih dalam kemajuan/peradaban islam pada masa bani Abbasiyah!
5.
Sebutkan karya dari ulama ahli
tafsir dalam kemajuan/peradaban islam pada masa bani Abbasiyah!
Penskoran:
Tiap soal
jika jawaban maksimal nilainya 20 sehinggal total skor maskimal 100
c. Penilaian Keterampilan
Penilaian
unjuk kerja Mempresentasikan Materi
No
|
Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
Kebenaran konsep
|
Keberanian
|
Bahasa
|
Kelancaran
|
|
||
1.
|
I
|
|
|
|
|
|
2.
|
II
|
|
|
|
|
|
3.
|
III
|
|
|
|
|
|
4.
|
IV
|
|
|
|
|
|
Skor Tiap rubrik maksimal 25 sehingga
total skor maksimal 100
Batu, 16 Juni 2014
Kepala MTs.
Jambu Luwuk, Guru Mata Pelajaran
SKI,
(___________________________)
(______________________)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar